Karya Tulis RR

Senin, 03 Desember 2012

Klasifikasi Olahraga


Palembang, Olahraga memiliki cakupan yang kompleks di masyarakat yang terdiri dari lapisan semua usia, semua ras, dan semua golongan, oleh sebab itu olahraga memiliki slogan berupa Sport For All. (Harsuki, 2003:11)

Walaupun olahraga dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, namun olahraga juga memiliki pembagian jenis-jenisnya disesuaikan dengan maksud dan tujuan olahraga itu sendiri. Pembagian jenis-jenis olahraga tersebut diantaranya:


1.  Olahraga Pendidikan

Olahraga dapat dijadikan sebagai alat pendidikan disekolah dan masuk pada kegiatan intrakurikuler mengingat betapa besarnya manfaat olahraga. Olahraga yang menjadi alat pendidikan disebut pendidikan olahraga atau pendidikan jasmani (Penjas).

Pendidikan jasmani merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan, melalui aktivitas jasmani yang dikelola secara sistematik untuk menuju manusia Indonesia seutuhnya. (Harsuki, 2003:05)
2.      Olahraga Rekreasi

Saat ini sering sekali hobi seseorang terletak pada dunia olahraga, sehingga apabila hobi tersebut tersalurkan maka secara rohani adalah kebahagiaan atau kesenangan yang didapat. Hal dapat menjadi salah satu bukti pembagian olahraga dapat sebagai rekreasi.

Jadi, olahraga rekreasi merupakan olahraga yang dilakukan individu atau kelompok yang dilakukan pada waktu luang, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, kesegaran, dan kesenangan. (Sukirno, 2011:09)
3.  

       Olahraga Prestasi

Olahraga sering sekali dikenal masyarakat kita hanya sebagai kompetisi atau pertandingan sehingga memiliki gengsi apabila memenangkannya. Namun, olahraga yang bertujuan untuk mencapai kemenangan, kompetisi, persaingan, bukan hanya sekedar hoby, dan kesenangan bukan tujuan utama merupakan olahraga prestasi.

Olahraga prestasi biasa dilakukan di klub-klub olahraga melalui induk cabang olahraga yang bertujuan untuk peningkatan prestasi. (Sukirno, 2011:09)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar