Karya Tulis RR

Senin, 17 Desember 2012

Rajin Ngegym Malah Jadi Sakit-sakitan? Pasti Ini Sebabnya


Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Seharusnya gym atau pusat kebugaran adalah tempat bagi yang ingin cari sehat. Namun kenyataannya, tidak sedikit yang justru kena penyakit gara-gara ngegym. Tak heran sebab penelitian mengungkap bahwa pengunjung gym banyak yang jorok.

Survei terbaru yang dilakukan di Inggris oleh Nuffield Health menunjukkan bahwa 74 persen pengunjung pusat-pusat kebugaran punya beragam kebiasaan jorok. Tidak hanya membahayakan kesehatan masing-masing, kebiasaan jorok itu juga bisa menularkan penyakit.

Sebagai contoh, hampir 50 persen responden yang disurvei mengaku pernah menggunakan handuk yang bukan miliknya sendiri. Bahkan kadang-kadang, para responden sembarangan menenggak air dari botol minum yang ada meski ternyata bukan miliknya sendiri.

"Ya, memang tidak nyaman ketika orang lain tidak mengelap bekas keringat yang menempel di alat fitness, tapi penelitian kami mengungkap bukan cuma itu saja masalahnya," kata Sarah Marsh dari perusahaan yang melakukan survei seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (13/12/2012).

Pada dasarnya setiap orang terpapar kuman setiap hari dan tidak semuanya menjadi sakit. Namun pada kondisi tertentu seperti cuaca yang tidak bersahabat, daya tahan menurun sehingga kontak langsung maupun tidak langsung dengan kuman di tempat fitness akan mudah menularkan penyakit.

Survei yang dilakukan terhadap 2.000 pengunjung gym tersebut juga mengungkap bahwa 18 persen pengunjung gym datang ke pusat kebugaran tersebut ketika sedang tidak sehat. Ketika orang-orang itu batuk atau bersin, sama saja dengan menyebarkan penyakit ke pengunjung yang lain.

Lebih dari 30 persen pengunjung gym juga datang untuk berolahraga tanpa menggunakan deodoran maupun kaos kaki. Kebiasaan buruk ini diyakini bisa menyebarkan jamur-jamur parasit yang ada di badan maupun kaki, sehingga bisa menulari pengunjung yang lain.

Tidak kalah joroknya, 16 persen pengunjung gym menggunakan pakaian yang itu-itu saja tanpa dicuci terlebih dahulu. Selain jelas akan menjadi sarang bagi kuman-kuman penyebab penyakit, baju yang tidak dicuci sudah pasti akan menebar aroma tidak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar