Karya Tulis RR

Senin, 03 Desember 2012

Bahaya Olahraga Terlalu Keras


Kompas.com - Olahraga memang syarat untuk mendapatkan tubuh sehat dan panjang umur. Tetapi perhatikan porsi latihan Anda. Olahraga yang terlalu keras justru bisa menjadi ancaman bagi kesehatan.

Olahraga teratur dan memiliki intensitas sedang, seperti joging, memang bisa menyehatkan, tetapi sebaliknya berlari terlalu kencang, terlalu jauh, dan dilakukan rutin bertahun-tahun ternyata justru bisa memperpendek umur. 

Dalam jurnal kesehatan Heart, ahli jantung dari AS, James O'Keefe dan Carl Lavie, menyarankan agar kita membatasi waktu olahraga hanya sekitar 30-50 menit setiap hari. Selain itu, lari maraton sebaiknya dianggap sebagai kegiatan yang cukup dilakukan sesekali atau bahkan sekali seumur hidup, bukan kegiatan rutin.

Mereka mengingatkan bahaya olahraga terlalu keras yang dilakukan 1-2 jam setiap hari, yakni justru merusak jantung, menyebabkan jaringan merentang, sobek, dan parut sehingga beresiko mengalami ganguan irama jantung.

Dua penelitian yang baru-baru ini dipresentasikan dalam konferensi kesehatan juga mendukung pendapat O'Kaafe dan Lavie. Disebutkan bahwa seperti banyak hal lainnya di dunia, olahraga juga sebaiknya dilakukan dalam skala moderat. 

Penelitian pertama dilakukan dengan mengikuti kesehatan lebih dari 50.000 orang selama 30 tahun. Sebanyak 14.000 pelari dalam penelitian ini risikonya untuk meninggal dalam kurun waktu penelitian 19 persen lebih rendah.

Tetapi jika dilihat lebih dalam, rendahnya risiko kematian itu ternyata hanya didapatkan oleh mereka yang berlari sejauh 8 - 32 kilometer setiap minggunya. Sebaliknya, mereka yang berlari dengan jarak lebih jauh tidak mendapat manfaat serupa.

Selain itu saat berlari kita juga dianjurkan untuk menjaga kecepatan jangan terlalu tinggi. Penelitian yang dilakukan di Denmark juga menyebutkan orang yang berlari dengan kecepatan sedang cenderung lebih sehat. 

"Manfaat terbaik olahraga ternyata hanya bisa kita dapatkan bila kita melakukannya dengan intensitas sedang," kata O'Keefe. 

Ia menambahkan, jika tujuan kita adalah untuk mengiktui maraton atau triathlon tentu kita harus berlatih dengan intensitas tinggi selama beberapa jam setiap hari. Tetapi jika tujuan kita adalah untuk sehat dan panjang umur, sebaiknya kita mengurangi intensitas latihannya.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar