Karya Tulis RR

Rabu, 28 November 2012

P2K Unsri 2011

P2K 2011


Unsri.jpg





     

Kelompok             : Mohammad Natsir
      Nama                     : Risky Ristanto
      Prodi                      : Penjaskes



Road to FKIP MADANI
Universitas Sriwijaya (UNSRI)
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya (OI) Kode Pos 30662


1.   Penulisan Opini
Tema        : “ Ada Apa dengan Dunia Mahasiswa “
Judul        : Mahasiswa Baru Harus Bisa Merubah Peradaban Dunia

·         Persepsi anda tentang mahasiswa
Pada umumnya yang disebut mahasiswa itu adalah seseorang yang sudah dinyatakan lulus SMA atau yang sederajat dan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu ke Perguruan Tinggi atau Universitas. Kalau sudah berbicara tentang mahasiswa pastinya sudah harus dituntut untuk mandiri dan lebih berpikir kritis, tidak seperti waktu SMA yang terkadang masih ogah-ogahan dalam mengejar dan menuntut ilmu. Sebenarnya ada ketakutan ketika sudah dinyatakan menjadi mahasiswa, dimana banyak tantangan yang lebih dan tingkatan pemikiran kita mau tidak mau harus lebih mengerti dan memahami suatu metode yang baru ini. Tapi bagaimana pun mahasiswa tetaplah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan tidak bisa selalu dituntut untuk jadi yang terbaik secara terus menerus. Tapi menjadi mahasiswa memang harus bisa berpikir lebih dewasa lagi dan merubah pola kehidupan kita menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Bisa menjadi mahasiswa saja sudah beruntung dibandingkan orang-orang yang belum bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Jadi, kita harus bersyukur bisa menjadi mahasiswa.

·         Persepsi anda tentang kuliah (proses pembelajaran dalam kuliah)
Proses pembelajaran dalam kuliah sudah pasti berbeda dengan proses pembelajaran dengan di SMA, kalau waktu di SMA jadwal pembelajaran sudah pasti dari hari senin sampai hari sabtu dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, jam masuk dan pulangnya relatif sama dan sudah mengikuti peraturan yang ada di sekolah. Di SMA pun para siswa diwajibkan memakai seragam sekolah dan kegiatan yang ada di sekolah pun sepenuhnya dipantau oleh para guru mereka. Nah, kalau dalam proses kuliah mahasiswa hanya masuk jikalau ada jadwal pelajaran atau pertemuan/janji dengan dosen mereka, tapi kalau sudah tidak ada jadwal mereka bisa tidak masuk dan tidak sepanjang hari mereka ada jam kuliah. Dalam kuliah ada juga yang disebut SKS atau Satuan Kredit Semester, dimana mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang akan di ambil dalam satu semester, dalam masalah SKS ini saya juga belum mengetahui bagaimana sistemnya.

·         Persepsi anda tentang organisasi di dunia kampus, Pentingkah???
Dalam masalah ini pasti banyak orang yang menganggap penting tidak penting, mengapa? Karena memang ada organisasi yang bisa merubah pribadi kita menjadi lebih mandiri, tetapi juga ada beberapa orang yang menganggap organisasi itu tidak seberapa penting, karena mereka menganggap manusia masih bisa menjadi orang yang aktif tanpa harus mengikuti sebuah organisasi-organisasi tertentu. Mungkin saja organisasi-organisasi yang sudah ada bahkan memang harus ada di setiap kampus itu bisa dikatakan penting, selain menjadi wadah untuk menuangkan aspirasi kita sebagai mahasiswa ini juga bisa mengembangkan pola berpikir kita menjadi lebih kritis dan mengarah pada kebaikan. Sedangkan untuk gerakan-gerakan yang tiba-tiba saja muncul di kalangan mahasiswa, itu saya kurang setuju, karena belum tentu gerakan-gerakan yang dirintis oleh mahasiswa tersebut bisa mengubah kehidupan kita jadi lebih baik, bahkan takutnya menjerumuskan kita ke dalam perbuatan yang kurang etis di mata mahasiswa, kampus bahkan masyarakat sekitar yang merasakan.


·         Persepsi anda tentang fungsi, peranan dan pergerakan mahasiswa
Pada saat ini yang saya tahu pergerakan mahasiswa sudah bermacam-macam baik yang legal maupun yang illegal karena untuk membentuk suatu opini yang bertentangan. Pergerakan-pergerakan mahasiswa memang sedikit banyak bisa memberikan motivasi untuk mahasiswa yang lain, saya ambil contoh saja BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa, di BEM memang banyak yang bisa diajarkan, BEM juga bisa merubah kita menjadi lebih mandiri lagi serta merubah kebiasaan kita yang negatif. Dalam organisasi ini juga bisa membantu mahasiswa-mahasiswa baru yang akan kuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi tersebut, menurut saya BEM bisa dikatakan perpanjangan tangan dari kampus tersebut. Kalau ada yang positif, berarti ada juga yang negatif. Tidak sedikit pergerakan-pergerakan mahasiswa yang muncul tiba-tiba dan berdiri tanpa tujuan yang jelas, mungkin yang seperti ini muncul disebabkan oleh ketidakpuasan beberapa mahasiswa atas apa yang diberikan oleh kampus, nah seperti inilah yang harus dihindari karena ditakutkan akan menjatuhkan kita nantinya.


1.    Opinion Writing
Theme   : "What's Up with the World Students"
Title       : New Students Should Have Changing World Civilizations


Your perception of student
In general, the so-called student is someone who has been declared out of high school or its equivalent and continue to the next level of education, namely to the College or University. If you've talked about the student must already be prosecuted for more independent and critical thinking, not like in high school are sometimes still reluctant in pursuing and studying. There are actually scared when it was declared to be a student, where many more challenges and level of thinking we would not want to understand more and understand a new method. But no matter how ordinary student of human remains that are not infallible and can not always required to be the best continually. But a student must be able to think more mature again and change the pattern of our lives for the better for the future. Can a student have been fortunate compared to those who have not been able to get a better education. So, we must be grateful to be a student.


Your perception of the college (the learning process in college)
The process of learning in college is definitely different from the learning process with in high school, if the time in high school schedule is definitely learning from Monday until Saturday with the schedule set by the school, hours of admission and return relatively similar and have followed the rules in school. In high school students were required to wear school uniforms and activities at the school was fully monitored by their teachers. Now, if in the process of college students only enter if there is a schedule lessons or meetings / appointments with their professors, but if there is no schedule they can not get them all day and do not have hours of lectures. In college there is also the so-called credits or Semester Credit Unit, where students can choose courses that will be taken in one semester, the credits of this problem I also do not know how his system.


• Your perception of the organization in the world of campus, Important?
In this issue certainly many people who feel it is important not important, why? Because there is no organization that can change our individual become more independent, but also there are some people who think the organization was not much important, because they assume people could still be active without having to follow a certain organizations. Maybe organizations that already exist even there must be at each campus that can be said is important, besides being a container to pour our aspirations as a student could also develop our thinking patterns become more critical and lead to goodness. As for the movements that suddenly appeared among the students, I disagree, not necessarily because the movements initiated by the student can change our lives better, even fear plunges us into a less ethical conduct in the eyes of students, campuses and even people around that feel.


• Your perception of the function, role and the student movement
At this time I know the movement of students had a variety of both legal and illegal as to form an opinion to the contrary. Student movements is a bit much to give motivation to other students, I just take the example of BEM or the Student Executive Board, the BEM is much that can be taught, BEM can also change us to become more independent again and change our negative habits. In these organizations can also help new students who will attend the University or the universities, according to BEM I could say the extension of the campus. If anything positive, it means that there are also negative. Not a few movements of students who appeared suddenly and stood without a clear purpose, it appears likely that such dissatisfaction is caused by several students on what is given by the campus, well this is what should be avoided because it feared would drop us later.

2.       Who Am I ?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Perkenalkan nama lengkap saya Risky Ristanto, biasa dipanggil Risky atau Kiki. Saya lahir di Tanjung Sari pada tanggal 24 April 1993, jadi sekarang umur saya adalah 18 tahun lebih. Saya merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, bisa dikatakan saya anak bungsu, kedua kakak saya sudah hidup berumahtangga. Saya sendiri berasal dari daerah Lampung, tetapi karena kedua orang tua saya bersuku jawa, saya merupakan Pujakesuma atau Putra Jawa Kelahiran Sumatera.

Saya kecil dan dibesarkan di Desa Tanjung Sari, Natar, Lampung Selatan. Pendidikan saya yang pertama bermulai dari TK (Taman Kanak-kanak), saat itu saya sekolah di TK Tunas Harapan di Tanjung Sari pada tahun 1998-1999. Setelah itu pun saya melanjutkan ke jenjang SD (Sekolah Dasar), masih di daerah yang sama saya sekolah di SD Negeri 01 Tanjung Sari dari tahun 1999 sampai tahun 2005. Kemudian saya SMP di SMP Negeri 03 Natar di tahun 2005-2008. Belum lama ini saya lulus dari SMA Yadika Natar dengan nilai yang bisa dikatakan baik. Walaupun SMA di sekolah swasta, tak mengurangi semangat belajar dan meraih cita-cita, karena memang sekolah yang saya pilih merupakan sekolah yang mengedepankan disiplin dan prestasi.

Belum puas rasanya menjadi siswa SMA sekarang sudah harus menjadi mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Negeri, yaitu di Universitas Sriwijaya. Tapi inilah kenyataannya, masa depan sudah ada di depan mata dan jangan sampai terbuang percuma. Dengan semangat dan doa, ini merupakan awal mencapai kehidupan yang lebih baik. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

2.       Sapa Nyak ?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Perkenalkan gelagh genok nyak Risky Ristanto, biasani diughau Risky atau Kiki. Nyak lahegh di Tanjung Sari pada tanggal 24 April 1993, jadei ganta umugh nyak iyolah 18 tahun lebih. Nyak merupako sanak ketelu jak telu berpuaghi, dapok dikatakan nyak sanak bungsu, keghuwa kiyai nyak ghadu ughik bernuwoutangga. Nyak sendirei beghasal anjak daerah Lampung, lamun karena keghuwa ulun tuha nyak bersuku jawa, nyak merupako Pujakesuma atau Putra Jawa Kelaheghan Sumatera.

Nyak lunik ghik dibalakko di Desa Tanjung Sari, Natar, Lampung Selatan. Pendidikan nyak sai peghtama bermulai anjak TK (Taman Kanak-kanak), saat hina nyak sekulah di TK Tunas Harapan di Tanjung Sari pada tahun 1998-1999. Setelah hina pun nyak melanjutko mit jenjang SD (Sekolah Dasar), masih di daerah sai samo nyak sekulah di SD Negeri 01 Tanjung Sari jak tahun 1999 sappai tahun 2005. Kemudian nyak SMP di SMP Negeri 03 Natar di tahun 2005-2008. Makkung lamo sinji nyak lulus jak SMA Yadika Natar jama nilai sai dapok dikatako wawai. Walaupun SMA di sekulah swasta, mak ngurangi semangat belajar ghik meraih cita-cita, karena memang sekulah sai nyak pilih merupako sekulah sai ngedepanko disiplin ghik prestasi.

Makkung puas rasani menjadei siswa SMA ganta ghadu musti menjadei mahasiswa di salah sai Perguruan Tinggi Negeri, iyolah di Universitas Sriwijaya. Lamun sinjilah kenyataanni, masa hena ghadu ngesok di hena mata ghik dang sappai teghbuang percuma. Jama semangat ghik doa, sinji merupako mulo mencapai keughikan sai lebih wawai. Amin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar