Karya Tulis RR

Kamis, 29 November 2012

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Tubuh


Oleh: Sahabatku, Zan Mufadhilah
Tubuh kita selalu membutuhkan penguatan supaya kita  sanggup terus-menerus menjalani kehidupan kitasehari-­hari tanpa mengalami kelelahan dan supaya kita dapat melawan berbagai penyakit.

Hal ini dan lainnya merupakan faktor pendorong yang penting untuk melakukan olahraga yang seharusnyadibiasakan dari sejak kecil. Karma dengan demikian, ketika usia Anda semakin bertambah, Anda, tidak perlu mengurastenaga berlebihan di saat melakukan latihan karma tubuh Anda telah terbiasa melakukannya sejak lama.

Melakukan olahraga sangat penting, khususnya pada usia kanak-kanak dan remajadi mana tubuh sedang berada dalarntahap pertumbuhanMatra tubuh membutuhkan olahraga untuk memastikan otot-otottulang, jantung, paru­paru dan setiap organ vital lainnya tumbuh secara normal dan sehatdi samping berguna untuk pembinaan kepribadian yang baik.

Sejumlah studi mengisyaratkan bahwa permainan gerakan yang teratur dapat mendukung pertumbuhananak­anak dan remaja dari segi fisik, akal dan kejiwaan secara sehatBerta menambah kepercayaan kepada dirisendiri, penghargaan terhadap diri dan perasaan sukses.

Sebagian besar penyakit-penyakit kronis yang menjangkit seseorang sejalan dengan pertambahan usia, seperti diabetes, darah tinggikolesterol, penyakit jantung, kegemukan dan lain sebagainyasemuanya muncul dari sejak fase kanak-kanakSudah dimaklumi bahwa melakukan olahraga merupakan salah satu faktoryang membantu menangkal terserang penyakit-penyakit tersebut. Dan hal ini membuat latihan olahraga gerak mulai dari fase kanak-kanak mempunyai urgensitas tersendiri.

Hampir dapat dipastikan bahwa gaya hidup yang dibiasakan di masa kanak-kanak dan remaja, termasuk gaya hidup yang kurang gerak, pola gizi yang tidak baik dan mengkonsumsi zat-zat aditif, clapat berlanjut sampai setelah memasuki fase dewasa.

Oleh karena itu, adalah penting mengajarkan kepada anak-anak bahwa melakukan olahraga termasuk satu bagian dari kedisiplinan hidup sehari-hari, yang dapat menyiapkan pondasi bagi suatu kehidupan yang efektif dan sehat.

Berikut ini beberapA manfaat penting olahraga bagi tubuh, di antaranya:

Akal yang Sehat

Olahraga itu penting bagi tubuh dan akal secara bersamaan. Sebab olahraga juga clapat memperbagus fungsi akal dan membantu sampainya oksigen ke bagian otak dan menjalankan tugasnya dengan efektif.

Memperkuat Ingatan

Berdasarkan hasil riset-riset Amerika, orang-orang yang rhelakukan olahraga secara teratur dapat melalui ujian-ujian kecerdasan dengan sukses yang jauh melebihi orang-orang yang tidak melakukan olahraga. Ini merupakan bukti bahwa olahraga dapat berfungsi memperkuat ingatan, dan ini tentunya dapat mencegahterserang penyakit ketuaansebab di saat melakukan latihan olahraga, darah dan oksigen terpompa ke bagian otak.

Menyembuhkan Sakit Kepala

 Olahraga aerobik dan beberapa senam yoga sangat membantu dalarn membebaskan diri dari kelelahan jiwa, stresdan juga beberapa jenis sakit kepala. Yang paling penting di antaranya adalah sakit kepala sebelah (migran), sebagaimana olahraga juga dapat menstabilkan emosionalkhususnya olahraga jalan kaki.

Panjang Umur

Latihan-latihan olahraga merupakan faktor utama dalarn memberikan kesehatan, tetap vit dan umur yang panjang -dengan izin Allah Subahanahu wa Ta'alakepada tubuh. Melalui suatu riset yang dilakukan kepada 2000 orang responder telah terbukti bahwa olahraga fisik dapat menjaga kelangsingan dan kesehatan tubuh mereka secara umum dalarn jangka waktu lama.

Pembakaran yang setara dengan 200 sampai 300 kalori sebanyak tiga kah dalarn seminggu dapat menambah umur Anda setengah tahun, di samping menjaga jantungtetap sehat.


Awet Muda

Ketika umur seseorang mencapai 30 tahun, fungsi-fungsi organ tubuhnya mulai berkurang dengan menurunnya vitalitas, stamina dan kelenturannya.

Berbagai riset telah membuktikan bahwa perempuan dan' laki-laki separuh bays dari orang-orang yang melakukan olahraga secara teratur dapat mengatasi masalah tersebut. Dan olahraga yang teratur juga dapat menjaga jantung tetap sehat untuk jangka waktu yang lama dan mengaktifkan produksi hormon GH yang biasanya mulaiberkurang setelah umur 20 tahun.


Memperkuat Tulang

Setiap, sate dari tiga orang perempuan di dunia menderita penyakit tulang keropos atau ostheophorosis. Namun penyakit ini juga menyerang kaum laki-laki, dan tidak hanya terbatas pada kaum perempuan saja. Dan olahraga yang teratur –yang tidak kurang dari dua kali seminggu– dapat membantu memperkuat tulang secara nyata.


Memberi Nutrisi Kepada Kulit

Di saat melakukan latihan-latihan olahraga, keringat yang keluar dapat membantu membuka pori-pori kulit dan menyampaikan nutrisi kepadanya. Ini juga dapat membantu memusnahkan racun-racun (toksin) dan memperlancar peredaran darah sehingga membantu proses regenerasi sel-sel kulit dan kekencangannya.


Memperkuat Tulang Punggung

Jika Anda termasuk orang yang bekerja dalam jangka waktu yang lama, baik kerja kantoran ataupun sebagai teknisimaka Anda membutuhkan tulang punggungyang kuat untuk menanggung jam-jam kerja yang panjang tanpa merasa capek atau jenuh.

Latihan-latihan khusus untuk tulangpunggung dan Pinggul  sangat membantu melawan lelah dan rasa sakit, dan juga dapat memperkuat otot-otot tulangpunggung sesudah jam-jam kerja.


Fisik yang Kuat

Jika Anda ingin kuat sepanjang hidup, Anda harus menjaga bobot tubuh secara teliti. Demikian juga Anda harus menjaga pola gizi kesehatan Anda dan melakukan latihan­latihan secara teratur untuk mengaktifkan proses metabolisme.

Namun jika Anda tidak melakukan olahraga, maka Anda akan menderita kelemahan pada usia 30 sampai 70.tahun disebabkan kelemahan serat-serat otot. Anda harus selalu ingat bahwa otot-otot memiliki fungsi yang penting dalam proses metabolisme. Karena ketika otot-otot bergerak, maka hal itu akan menambah pembakaranlemak dan kalori.


Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain itu faktor-faktor yang juga menyebabkan mengapa olahraga penting dilakukan adalah untuk menstabilkan tekanan darah tinggi di dalarn tubuh. Maka tidak melakukan olahraga dan pola gizi yang buruk dapat membantu naiknya tekanan darah.


Memperkuat Jantung

Salah seorang peneliti pernah menetapkan sebuah asas untuk olahraga, dan setelah melakukan sejumlah eksperimen kepada beberapa olahragawan, ia membuktikan bahwa jantung yang sehat dan kestabilan tekanan darah, penyebabnya kembali kepada jumlah oksigen yang diambil seseorang di saat melakukan latihan-latihan olahraga.

Karena jantung termasuk salah satu otot seperti otot­otot tubuh lainnya, maka jantung dapat merespon latihan­latihan olahraga untuk memperkuatnya. Setiap kah otot jantung menjadi kuat, maka ia memiliki pengaruh langsung, terhadap bagian tubuh lainnya berupa semangat, stamina kuat dan terpompanya darah ke bagian-bagian tubuh secara efektif.


Terbebas Dari Kolesterol

Sudah dimaklumi bahwa kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan terserang penyakit TBC, penyakit­penyakit jantung dan paru-paru.
Melakukan olahraga sebanyak tiga kah dalarn seminggu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalarn darah, tentunya di samping memperhatikan pola-pola makan yang sehat. Yaitu dengan tidak mengkonsumi makanan-makanan yang mengandung banyak kolesterol, seperti produk-produk susu dan daging hewan, dandiutamakan menggantinya dengan makanan-makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti minyak zaitun dan minyak sayuran.

Memerangi Kanker                                            

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa olahraga dapat memerangi kanker, dan penyakit kanker menempati urutan kedua setelah penyakit jantung sebagai penyebabtingginya angka kematian di dunia. Penyebabnya adalah tidak terkontrolnya jumlah sel-sel di sejumlah bagian tubuh, dan hal itu menghalangi sampainyaunsur gizi ke tempat tersebut untuk kembali melakukan proses regenerasi sel.       

Olahraga fisik dan gerakan yang teratur juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit kanker, seperti kanker payudara dan colitis.

Jalan Kaki dan Tenaga 

Olahraga jalan kaki dapat berfungsi melenturkan tubuh dengan memperkuat otot-otot dan persendian, serta memperlancar proses metabolisms, sebagaimana dapat menambah tenaga secara umum. Bahkan ketika seseorang menginjak usia 80 tahun, is dapat tetap berada di puncak stamina dan vitalitasnya.la juga dengan mudah melakukan sebagian latihan, seperti yoga dan rileksasi.


Perasaan Vit dan Bugar

Sebagian besar penelitian modern telah membuktikan bahwa olahraga ringan dapat menjauhkan rasa capek dan memperbaiki emosional serta menjagakelangsinganbadanYang dimaksud dengan olahraga ringan adalah berjalan kaki di taman-taman umum, berenangsenam-sefiam yoga dan senam-senam aerobikringan


Rileks dan Tidur

Olahraga dapat membantu proses rileksasi dan tidur pulas dengan mudah, dan mencegah penyakit susah tidur (insomania). Karena olahraga meningkatkanproduksi Adrenalin yang dapat membantu proses rileksasi begitu lampu dipadamkan.
Oleh karena itu, harus tersedia waktu khusus untuk melakukan olahraga guna meringankan stress dan membantu proses rileksasi dan tidur yang cukup.
Untuk mewujudkan hal tersebut, kami menganjurkan memakai pointer-pointer berikut sebagai bahan perhatian:
¨    Menghindari latihan-latihan berat dan mulai melakukan latihan-latihan ringan.
¨    Menyusun target-target yang realistic merupakan motivasi untuk terns melakukan olahraga.
- Mulai melakukan olahraga selama 20 menit sehari sebanyak tiga kali dalam  
   seminggu.    
¨    Menambah waktu latihan secara bertahap hingga sampai sate jam sehari selama lima hari dalarn seminggu.
- Menghindari rokok, karena rokok itu menghalangi Anda melakukan latihan- 
   latihan  olahraga, dan mengingat bahwa merokok dapat menghilangkan nyawa  
   Anda, sedangkan berolahraga dapat memberi Anda kesehatan, vitalitas,   
   kegembiraan dan perasaan puss terhadap kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar